#32 Passion: Zumba Dance !

Tidak mudah memang ketika bisa menemukan olahraga apa yang bisa membuat kita bergairah ketika melakukannya.

Dan tentu saja, gairah olahraga tidak selamanya sama. Ketika masih gadis, kebiasaan jogging dan basket, serta sepak bola terasa menyenangkan.

Tapi seiring dengan pertambahan umur, kebutuhan ingin kembali tampil cantik dan sexy, menjadikanku ingin mengurangi kalori berlebih juga mengecilkan perut buncit yang telah semakin besar dengan pertambahan kelahiran anak hingga si kecil Irbaadh yang baru lahir Mei lalu.

Setelah berkelana mencoba beberapa olahraga, ternyata kenyamanan tertinggi saat ini adalah senam dan zumba dance!

Salah satu gerakan zumba untuk mengecilkan perut buncit 😎

Layaknya orang jatuh cinta, ketertarikan tentu memberikan rasa penasaran yang besar, ketika tidak bertemu memberikan rasa rindu, demikian yang saya dapati ketika tidak berolahraga yang satu ini.. rindu mencari video baru untuk ber-zumba ria, rindu untuk meluangkan waktu ber-zumba beberapa menit setiap hari. 

Ah, benar-benar virus jatuh cinta!

Saya rindu ketika ada orang yang spontan mengakui tubuh saya masih sama dengan sebelum melahirkan tiga putra. Ah, bahagianya seperti dapat undian. Tiba-tiba dipuji tapi senangnya sampai ke ubun-ubun πŸ™‚

Ternyata bisa tetap tampil seperti usia belasan meski sudah hampir mencapai akhir usia kepala 2 itu memberikan efek kebahagiaan berbeda buat wanita seperti saya.

Ini hasil Googling saya ya tentang zumba. Semoga sedikit memberikan gambaran πŸ˜‰

Asal Muasal Zumba

Zumba diciptakan oleh instruktur aerobic dari Columbia bernama Alberto ”Berto” Perez pada tahun 1990. Awalnya Berto lupa membawa kaset ketika hendak mengajar senam, kemudian ia mengakalinya dengan menggunakan musik upbeatyang disimpan dalam mobil. Tarian fitness tersebut akhirnya dikenal dengan nama Zumba.

Zumba populer tahun 2003 di Amerika dan diibawa ke Indonesia pada tahun 2009 , namun mulai diminati oleh masyarakat Indonesia baru sejak awal tahun 2012.

Arti Nama Zumba

Nama zumba diambil istilah dari kata ”zum-zumβ€œ yang dalam bahasa Kolumbia berarti gerakan cepat.
Karena merupakan gabungan musik dan tarian latin dengan step aerobik, maka gerakan-gerakan yang dilakukan merupakan gabungan gaya dari tarian Samba, Cumbia, Merengue, Salsa, Reggae, Hip-hop, Mambo, Rumba, Flamenco, dan Calypso.   Oleh karenanya gerakan yang tercipta terasa lebih fun.

Gerakan Zumba

Gerakan Zumba memang terkesan santai, namun tetap tidak dilakukan secara asal. Porsi gerakan yang diadopsi oleh olahraga ini; 70% dansa dan 30% fitness. Saat melakukan Zumba, kita tidak akan diajarkan gerakannya terlebih dulu, melainkan langsung mengikuti gerakan instruktur. Hal tersebut tak perlu dijadikan masalah karena dalam Zumba yang terpenting adalah enjoy the music.

Karena berbentuk tarian, terlebih lagi dilakukan minimal selama satu jam, gerakan paling banyak dalam Zumba dance adalah kardio. Seperti meloncat, berputar, bergerak cepat dan lain sebagainya. Selain kardio, Zumba dance juga dikombinasikan dengan gerakan pengencangan otot-otot tubuh, seperti otot perut, punggung, paha, betis, dan pectoralis.    Gerakan-gerakan Zumba terfokus pada pinggul, pinggang, dan kaki sehingga bagus untuk pembentukan postur dan lekukan tubuh. Pada akhirnya postur dan lekukan tubuh yang baik akan membuat kita menjadi lebih percaya diri.

Sumber: ensiklo

Perkembangan Zumba

Dulu, gerakan zumba menggunakan musik Latin, salsa, meringue, rumba, hingga reggaeton. Tapi dalam lima tahun terakhir, genre musik internasional dan bollywood kerap disertakan. Bahkan, penyanyi internasional seperti Pitbull, Daddy Yankee, Wyclef menciptakan musik khusus untuk Zumba yang kini dipakai oleh banyak orang.

Manfaat zumba

Membakar kalori adalah keuntungan terbesar saat melakukan latihan zumba. Latihan ini bisa membakar kalori antara 500 -800 kalori dalam setiap kelas yang selama satu jam. Anda dapat melakukan zumba sekali sehari atau dua kali sehari, sesuai keinginan Anda.

Keuntungan zumba untuk psikologi dan fisik

Kita sudah tahu keuntungan zumba untuk membakar kalori dan latihan tubuh total yang luar biasa. Sementara, untuk psikologis zumba menjadi obat bahagia, terutama untuk menghilangkan stres dan rasa bosan.

Sumber: okezone

Ini saya berikan link Zumba dance yang pertama saya sukai ya, recommended for beginner πŸ™‚

Marlon Alves

Sisanya bisa sambil download di YouTube dengan keyword “zumba dance” ya, happy zumba~~!!

Iklan

kasih umpan balikmu dimari yah, sob!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s