#21 Energi Alternatif Sebagai Pengganti Energi Fosil Ketika Minyak dan Gas Habis

Posted: 22 November 2012 in T.G.A.L
Tag:, ,

Energi fosil yang dihasilkan dari sumber daya alam merupakan energi yang mengandung hidrokarbon, seperti : batu bara, petroleum, minyak dan gas. Pada perkembangan delapan tahun terakhir, nilai produksi energi fosil di Indonesia telah mengalami pengurangan dari tahun ke tahun. Hal ini menyebabkan kekhawatiran akan keberlangsungan sumber energi di masa depan oleh beberapa pihak, seperti Pertamina sebagai pengelola hasil minyak dan gas bumi itu sendiri serta peneliti lingkungan.
produksi minyak bumi
Sumber: diolah penulis dari publikasi Statistik Minyak Bumi, Direktorat Jenderal MIGAS 1)

Grafik diatas menggambarkan kuantitas produksi minyak bumi yang semakin berkurang dari tahun 2004 hingga tahun 2011. Berbeda dengan minyak bumi, batu bara pun justru mulai menjadi primadona pengganti minyak bumi dan gas, hal ini dapat dilihat dari nilai pemakaian batu bara untuk kebutuhan dalam negeri. Dapat kita lihat perkembangan produksi batu bara selama kurun waktu periode tahun 2004 hingga 2011 berikut, nilai produksi dalam negeri pada komoditas batu bara menunjukkan peningkatan hampir tiga kali lipat, dimana pada tahun 2004 mencapai 132,35 juta ton hingga 353,39 juta ton pada tahun 2011. Sebagaimana nilai produksi, nilai pemakaian batu bara pun meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun 2004 sekitar 36,08 juta ton menjadi 79,56 juta ton pada tahun 2011.

batu bara
Sumber: diolah penulis dari publikasi Statistik Batu Bara, Direktorat Jenderal Batu Bara 2)

Dalam pemberitaan majalahenergi.com beberapa waktu yang lalu, telah ditemukan beberapa alternatif sumber energi baru untuk membantu manusia mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian sumber daya alam fosil, salah satunya adalah kemiri minyak dan kelapa sawit.

Kemiri Minyak atau Kemiri Sunan

Kemiri minyak atau disebut juga dengan kemiri Sunan (Aleurites trisperma), selain dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan, juga menjadi tanaman yang dapat membantu mengatasi masalah global warming (pemanasan global).

kemiri minyak

Kemiri Minyak (Aleurites trisperma)

Kemiri minyak dapat menjadi alternatif bahan bakar nabati (BBN), demikian hasil penelitian Dibyo Pranowo, Peneliti Bioenergi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balitri), Kementrian Pertanian. Ia menyatakan bahwa satu liter bahan bakar dari kemiri minyak mampu menghidupkan generator selama 240 menit. Sementara solar hanya selama 62 menit.3

Perkembangan Hasil Produksi Tanaman Kemiri di Indonesia

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, potensi hasil tanaman kemiri di Indonesia cukup fluktuatif dari tahun ke tahun, namun memiliki kecenderungan meningkat. Kondisi ini cukup mendukung penggunaan kemiri minyak untuk menjadi alternatif energi pengganti minyak bumi dan gas.
produksi kemiri
* Data sementara

Sumber: diolah penulis dari publikasi Statistik Indonesia, Badan Pusat Statistik

Sumber Staf Khusus Presiden Bidang Pangan dan Energi tahun 2012, menginformasikan, data sebaran pohon kemiri sunan ada di Jakarta sebanyak 3.500 pohon, Bekasi sebanyak 30.000 pohon, Kuningan sebanyak 10.000 pohon, Majalengka sebanyak 10.000 pohon, Jati Gede sebanyak 10.000 pohon, Bandung sebanyak 3.000 pohon, Ngawi sebanyak 40.000 pohon, Lamongan sebanyak 13.000 pohon, Nusa Penida-Bali sebanyak 15.000 pohon, Lombok sebanyak 14.500 pohon dan Timor sebanyak 20.000 pohon.4

Kelapa Sawit

Kelapa Sawit (Elaeis) adalah tumbuhan sejenis palma yang menghasilkan minyak makan, margarine, sabun, industry baja, kawat dan minyak industri farmasi, maupun bahan bakar (biodiesel).

kelapa sawit
African Oil Palm (Elaeis guineensis)

Menurut Kabid Ketenagalistrikan Distamben Riau, Ir Abdi Haro, kelapa sawit dapat dimanfaatkan limbahnya untuk menghasilkan energi listrik dengan potensi 100-200 MW. Abdi menjelaskan bahwa baru sebagian kecil kelapa sawit yang dimanfaatkan perusahaan perkebunan kelapa sawit sebagai campuran untuk pembuatan kompos. 5 Padahal, dibandingkan jika ia dibiarkan begitu saja dapat merusak lingkungan sekitar, justru limbah kelapa sawit yang berupa cangkang sawit, pelepah, tankos dan CPO parit masih dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik baru terbarukan biomassa.

Daerah Penghasil Kelapa Sawit di Indonesia

Berdasarkan data dari publikasi Statistik Indonesia 2012 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik, Indonesia menghasilkan 22.496,9 ribu ton kelapa sawit pada tahun 2010, nilai ini meningkat menjadi 22.899,1 ribu ton pada tahun 2011. Disebutkan pula, kelapa sawit terbesar dihasilkan di propinsi Sumatera Utara sebesar 5.899,6 ribu ton pada tahun 2010, dan propinsi Riau sebesar 5.391,3 ribu ton pada tahun 2011.

produksi kelapa sawit
* Data sementara

Sumber: diolah penulis dari publikasi Statistik Indonesia, Badan Pusat Statistik

Potensi tanaman kemiri minyak dan kelapa sawit di Indonesia cukup besar, ini menjadi angin segar bagi para analitis lingkungan dalam pengusahaan sumber energi pengganti energi fosil. Dengan berbagai penelitian dan data-data lebih lanjut, diharapkan akan ditemukan berbagai alternatif sumber energi lain sehingga kita tidak lagi sepenuhnya bergantung pada energi fosil. Mari jaga bumi kita! :)

Catatan kaki:

1 publikasi resmi dapat dilihat pada http://prokum.esdm.go.id/Publikasi/Statistik/Statistik%20Minyak%20Bumi.pdf

2 publikasi resmi dapat dilihat pada http://prokum.esdm.go.id/Publikasi/Statistik/Statistik%20Batubara.pdf

3 BBN Kemiri Minyak Lebih Ekonomis, http://majalahenergi.com/nasional/bbn-kemiri-minyak-lebih-ekonomis

4 Buah Kemiri Sunan Sebagai Energi Alternatif Pengganti BBM http://kemirisunan.com/?p=20

5 Potensi Energi Listrik Riau dari Limbah Sawit, http://majalahenergi.com/nasional/potensi-energi-listrik-riau-dari-limbah-sawit

Komentar
  1. lastevergreen mengatakan:

    Semangat mbakku chayank..:)

  2. fitriakur mengatakan:

    siip

kasih umpan balikmu dimari yah, sob!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s