#20 Ubaid belajar ngerangkak– Prinsip Mendidik Anak #1

Posted: 13 November 2012 in Financial Quotient

Itu foto diambil sekitaran tanggal 6 Nopember 2012, ceritanya si kakak lagi asyik maen sndiri di lantai. Emaknya lagi masak, papahnya lagi browsing pake xoom di teras, trus si bibi lagi nyuci pake mesin cuci di depan.

Ga keawas sama sekali sih si kakak, cuman saya jauhin ajah barang-barang besar di dekatnya, biar dia gampang ngerangkak jauh-jauh..

Nah, sebenanrnya kami (saya+papahnya ubaid) percaya, yang terbaik buat anak-anak kami adalah kami tidak membanding-bandingkan dia dengan adik-adiknya nanti. Jadi, saya sengaja mengabadikan proses belajar ngerangkak ubaid di blog saja. Tujuannya biar menghemat isi kepala saya buat yang penting-penting ajah. Trus, proses ngerangkak ini ga penting apah?
Menurut kami sih penting, hanya tidak ingin kami ingat-ingat, biar natural saja. Ditaruh di blog, biar kapan-kapan kalo mau mengenang tumbuh kembang ubaid, masih ada catatannya. Tapi.. Kami tidak mau mengingat di kepala. Saya yang terutama kwatir. Trauma lebih tepatnya.

Sejak kecil saya diasuh dengan pola pikir orangtua yang suka membanding-bandingkan. “Kamu jalan umur x bulan, si abang lebih cepat x bulan, adekmu tuh yang lambat semuanya”jelas si ortu panjang lebar..
Aiiiih, pantes ajah si adek serba minderan.. Mentalnya udah ngerasa kalah duluan. Dia ajah pernah ngadu,”abang sama kakak kan anak kesayangan, coba deh aku begini begini salah terus”
Lha, saya saja sebenarnya saat itu mau protes, ngapa sih si emak demen banget ngebanding-bandingin anak-anaknya. Trus kalo saya ngasitau si emak, eeee dikira ngelawan -_____-‘
Akhirnya saya nyerah sajah!

Finally, saya ingin mendidik anak-anak saya dengan lebih bijak, lebih dewasa, dan menjaga perkembangan mentalnya. Tidak usah diingat-ingat ajah kapan si ubaid jalan, nyari ribut mah sama si adek ntar.. Tiap anak kan emang proses tumbuh kembangnya beda-beda, sesuka hatinya ajah. Mau lambat jalan yaaa, terserah. Asal nantinya jalan, jangan ngerangkak terus-terusan sampe gedhe!

Love you coz Allah, son! :*

kasih umpan balikmu dimari yah, sob!

