#9 PNS Bukan Sekedar Demi Mengisi Agenda Kerja Harian, Tapi…

Posted: 5 Maret 2012 in T.G.A.L

BPS lagi kehabisan dana untuk upah kinerja pegawai tahun 2012??? Shock sih lumayan, berarti cuman dapet Gaji Pokok ajah nih, mana remunerasi kemungkinan besar batal, hihihihi, wajar deh kalo ntar bakal banyak teman-teman kantor yang protes, lha kerjaan bejibun tapi masa cuma dibayar 13ribu per jam nya, mana dibayarnya berdasar jam kerja lagi, bukan dari kinerja! Yaaaa otomatis bakalan lebih banyak lagi pegawai yang cuman nongkrong doang di kantor sambil pesbukan ato belanja online.. Budaya PNS nya BPS nih, malah banyak yang asyik dagang sampe sering online sepanjang hari, meski emang internet kantor udah full unlimited, dipake ga dipake yah tetep aja tagihannya segitu, jadi mending dipake kan😀 Eh, saya bukannya mau buka kartu, tapi emang kebiasaan begini yang bikin PNS BPS jadi ga produktif kerjanya. Ga usah jauh-jauh, masa saya yang mo mengurangi KKN malah kena omel😦 Jadi, ceritanya saya masuk di seksi beres2😀 yang kerjaannya paling sibuk-sibuknya cuma 2 bulan dalam setahun😀 *sibuknya ini bener-bener sampe ngelanjutin kerjaan di rumah, habis masak bahkan sering nunda setrika baju-baju demi mengejar deadline tapi hasil kerjaan tetap optimal.. Meski sebenarnya setiap hari juga ada kerjaan, hanya saja paling cuma sedikit, pagi sampai siang, siang sampai sorenya kosong atau sebaliknya..

suatu hari saya mau bantu kerjaan suami, habisnya kerjaan dia kok kayaknya ga pernah habis deh, jadi ngiri karena saya banyak diemnya. Nah, ternyata bosnya suami malah bilang,” kerjaan dia biarin dia yang ngerjain, ga usah dibantuin,” eh, padahal saya emang lagi jobless hari itu, daripada agenda kegiatan harian saya kosong melompong karna ga ada yang dikerjain, yaa mending saya kerja meski bantuin seksi lain… coba kalo saya mutung trus malah asyik nge-net, pesbukan de el el, hahaha, korupsi waktu banget kan, jadi ceritanya saya mo teriak ke bosnya suami, “Mba, daripada aku bengang bengong korupsi waktu kerja dipake yang laen, mending aku bantuin kerjaan seksi lain tho??” [hahaha, beraninya teriak dalam hati doang sih :D]

Yaaaah, namanya juga pengen eksis, ada beberapa seksi yang ga mau dibantu kerjaannya, padahal itu seksi kerjaan hariannya seabrek begitu. Ssebenarnya yang penting menurut saya itu, bagaimana agar kerjaan yang sebenarnya bisa selesai lebih awal, ya seharusnya diselesaikan segera, bukan nunggu nanti-nanti, sementara masih ada yang bisa bantu mengerjakan tapi lagi tidak ada kerjaan, kenapa gengsi minta tolong seksi lain?? Saya juga tidak sembarangan menawarkan diri bantu lho, mesti saya sudah tanya ke bos saya dulu, memang sedang kosong atau lagi ada kerjaan. Akhirnya, daripada saya luntang-lantung ga jelas, semangat kerja tapi ternyata tidak diberi kerjaan, yaaaah, saya nimbrung di sub bagian rumah tangga nya kantor (baca: Tata Usaha)😀 Meski cuman diminta tolong bantu scan SPI atau surat-surat pengeluaran anggaran kantor lain buat laporan keuangan kantor bulanan atau laporan gaji pegawai, tetep seneng lho, scan itu kan sebentar, scannernya juga sudah duplex, jadi tidak repot-repot bolak-balik halaman, tapi itu menyenangkan karna saya di kantor tidak menghabiskan waktu buat nge-net, pesbukan ataupun ngobrol ngawur ngidul. Senengnya saya sih cuman satu, Agenda Kerja Harian saya terisi kegiatan kerja yang lumayan banyak, dan mudah-mudahan saya ga dianggap korupsi sama Allah, bodo amat deh kalo manusia anggap saya korupsi atau ngeselin karna sibuk ke seksi ini dan seksi itu😀 Salah satu Sumpah ketika Pelantikan PNS kan “mempertanggungjawabkan kerja yang sungguh-sungguh pada Tuhan YME”, karna saya sudah di’paksa’😀 mengucapkan sumpah itu, suka tidak suka, mau tidak mau, tetap harus dikerjakan, pertanggung jawaban waktu kerja saya buat Tuhan, bukan buat sekedar nulis kegiatan apa saja yang kerjakan dalam buku Agenda Kerja Harian. Andai semua PNS menyadari bahwa pertanggung jawaban waktunya selama di kantor itu akan dipertanyakan ketika masing-masing kita dihisab di hari perhitungannya Allah.. PNS model G*yus bias ‘menghilang’ dari muka bumi😀

Komentar
  1. OctaNH mengatakan:

    Kenapa bisa santai gituuu? Itu Sinung ama Eko kadang ngelembur ampe subuh. T_______________T
    Sabtu-Minggu masih ngerjain kerjaan kantor yang reguler, bukan yang proyekan besar kayak SP.

  2. reika agustina mengatakan:

    aneh bener kntor mu, setau saya yg namanya di kab kerjanya ya kroyokan,alias gotong royong, gak ada yg ini kan kerjaan seksi a ini seksi b. Kecuali yg spealisasi banget atau yg rahasia2. Jgn2 di propinsimu juga sama yg smua msg2, kbiasaan yg ada di kab/kota kan trgantung kbijakan atau kbiasaan yg ada di propinsi. kalau di pusat iya memang smua udah ada bagian msg2.

  3. ernieirawatymaysarah mengatakan:

    akhirnya aku bisa juga ngereply komen-komen ini😀
    jadi ini sih mungkin cuman satu orang aja yang mbikin kantor jadi rese semua gitu mbak…

    kalau satu orang yang ngomong ini mutasi, sampe ke akar-akar masalah bisa berenti kayaknya.. tapi kesian kalo habis mutasi, dia mbikin ulah lagi ditempat barunya.. kami sekantor sih emang kena kompor mulu sama si bossy(baca:sok bos) ini, tapi ya teteup do’anya sama, semoga sadar kalau hobi mbikin ricuh, ngegosip sama nge-bossy nya itu dah keterlaluan.. segera diberi perubahan yang lebih baik, biar ga ngomporin orang-orang laen di kantor deh aamiiin

kasih umpan balikmu dimari yah, sob!

