#3 Mari Menjadi Kreatif!

Posted: 4 Januari 2012 in Financial Quotient

Dagang memang butuh insting. Satu teori ekonomi tidak bisa teraplikasi di waktu dan tempat yang sama.

Seperti pepatah, think global act local.

Di Jawa, dengan ketersedian bahan baku di alam dan sumber daya manusia yang memadai, persaingan amatlah wajar. Perang harga tentunya. Sebagai pembeli yang cermat, tentu akan mencari mana yang biaya untuk mendapatkan barang/jasa tersebut lebih kecil, itulah yang akan kita pilih sebagai produsen langganan kita.

Di luar jawa gimana? Tentunya beda tempat, beda keadaan. Ada faktor kondisi alam juga berperan dalam proses perdagangan, seperti proses pendistribusian dan faktor ada istiadat.

Nusa Tenggara Timur, khususnya Ende, saya tidak menemukan banyak hal berarti dalam proses perdagangan disini. Hanya fenomena pedagang hulu yang cenderung bisa ber-omset besar. Pedagang hulu mengambil maupun mengolah sendiri barang hingga bisa dikonsumsi masyarakat. Omset yang cukup besar disini, apalagi sebagian besar pedagang di Ende cenderung menjadi importir barang dari pulau Jawa. Tentu saja, harga cenderung naik berkali-kali lipat dari harga barang di pulau Jawa sana.

Industri hulu. Saya sangat tertarik dengan dua kata ini. Hingga saya menuliskan ini, saya masih berpikir, industri hulu apa yang bisa saya kerjakan disamping meja PNS saya J

Menciptakan sesuatu sendiri yang menggunakan sumber daya alam disini tanpa repot-repot impor dari pulau Jawa. Tentunya saya butuh banyak observasi untuk mendapat  insting dan ide yang tepat dan menjual.

Selain industry hulu, tentunya saya terpikir dengan usaha jasa. Ya, disini keahlian juga bisa bernilai tinggi jika memang kita mahir dan menjadi satu-satunya pemilik keahlian  tersebut. Tanpa bermaksud buruk, tapi halal bagi saya menguasai suatu jenis keahlian khusus dan memonopoli pasar dengan keahlian saya tersebut. Anda setuju??

Insting, tentu saja tidak akan didapat hanya dengan duduk diam, saya perlu observasi lapangan dan banyak berinteraksi dengan orang-orang yang akan membutuhkan barang dan jasa. Tentunya saya tidak tidak ingin menekuni industry hulu maupun jasa keahlian tertentu yang tidak dibutuhkan siapa-siapa disini. Anda juga berpikir demikian, bukan?

Mari menjadi kreatif!

kasih umpan balikmu dimari yah, sob!

